Luti Gendang Roti Goreng Khas Kepulauan Riau

Kamuharustahu.id-Kota Batam merupakan salah satu kota di Kepulauan Riau yang terkenal dengan murahnya harga barang-barang elektronik, pakaian, hingga makanan. Biasanya kota Batam populer dengan sebutan kota black market karena lokasinya yang bertetangga dengan negara tetangga yaitu Singapura. Ada sebuah makanan khasnya yang bernama luti gendang.

Alhasil, banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang datang ke kota ini untuk sekadar berwisata, belanja barang-barang murah, hingga berkuliner khas Batam yang tak kalah menarik untuk dijajal oleh para wisatawan. Salah satu kuliner favorit adalah Luti Gendang. 

Saat pertama kali mendengar nama makanan ini, mungkin terdengar unik di telinga. Namun, ternyata makanan ini sebenarnya mempunyai nama asli roti gendang. Luti gendang aslinya berasal dari Anambas, Kepulauan Riau, tetapi lebih populer sebagai makanan khas Batam dan sekitarnya.

Pada awalnya, masyarakat etnis Tionghoa yang mendiami pulau Anambas sulit untuk melafalkan kata ‘roti’ menjadi ‘luti’. Kata ‘gendang’ sendiri berasal dari kata ‘rendang’ dalam bahasa Tarempa yang artinya ‘digoreng’. Oleh sebab itu, saat ini, roti gendang dikenal dengan sebutan luti gendang.


Roti ini terbuat dari tepung terigu, susu, telur, mentega, gula pasir, dan memiliki isian abon ikan tuna yang dibumbui dengan bawang, cabai serta rempah-rempah khas Melayu. Roti dibentuk bulat lonjong untuk menambah ciri khasnya bersama dengan cita rasa gurihnya yang sedap.

Luti gendang lalu dimasak dengan cara digoreng. Kemudian, biasanya luti gendang disajikan bersama dengan secangkir kopi atau teh panas saat sarapan di pagi hari maupun segelas es teh tarik di sore hari. Tekstur rotinya yang renyah, tetapi lembut di dalam membuat luti gendang menjadi camilan favorit masyarakat. 


Makanan ini dapat dengan mudah ditemukan di pasar tradisional, kedai kopi, atau pusat oleh-oleh. Harga luti gendang dibanderol hanya sekitar Rp3.500-Rp4.000 per bijinya. Tentunya harga ini sebanding dengan kelezatan rasa serta isinya yang padat. Bagi kalian yang ingin mencicipi luti gendang bisa berkunjung langsung ke kota Batam atau ke daerah lainnya yang ada di Kepulauan Riau.

0 Comments:

Posting Komentar